muri-logo

PERAIH 3 REKOR

Motivator Termuda
Yang Telah Berkarya di 4 Negara
design logo

"Setiap orang boleh memiliki permulaan hidup yang berbeda, namun SUKSES haruslah menjadi tujuan akhirnya"

 

By Ong Eric Yosua

Motivator Indonesia

Peraih 3 Rekor MURI :

1. Motivator Termuda Yang Telah Berkarya di 4 Mancanegara

2. Founder BUM CLASS, Kelas Online Berbayar Pertama dengan Murid di 6 (enam) Negara

3. Motivator Entrepreneurship Pertama di Indonesia

about me

elections_1

          Ketika saya lahir, ayah saya hanyalah seorang karyawan biasa. Ketika usia saya hampir 3 tahun, toko tempat ayah saya bekerja mengalami kebakaran hebat dan berujung pada PHK. Dengan uang seadanya ayah saya mencoba membuka toko jam tangan kecil-kecilan. Sejak kecil Saya telah mengenal wirausaha dan menjaga toko bersama ayah dan ibu saya (saya mulai jaga cabang toko usia 4 tahun, karena ayah baru merintis toko baru di area yang sama sehingga belum berani pakai pegawai). Namun saat saya SMP, ketatnya persaingan yang ditambah dengan maraknya barang China masuk ke Indonesia membuat ayah saya salah dalam mengambil keputusan usaha. Usaha keluarga kami pun hancur dan kita mengalami kesulitan ekonomi.


          Saat SMP, Saya mendapatkan beasiswa dari SMP Kr Petra 2 Surabaya, sebuah SMP Swasta favorit dan bergengsi di kota Saya. Lalu pada saat SMA, saya juga mendapat beasiswa dari SMA Kr. Petra 2 Surabaya, sebuah SMA yang sangat terkenal bahkan hingga internasional. Saya sangat bersyukur atas banyak bantuan yang diberikan kepada saya. Sejak SMP, saya sangat suka menggunakan aksesoris seperti kalung, gelang dan cincin. Aksesoris yang saya pakai membuat teman-teman saya berminat membeli, sehingga sejak SMP saya sudah menjual beragam aksesoris pria dan keuntungannya dipergunakan untuk uang jajan.


          Saat SMA, pada 2005 Saya membuat usaha Event Organizer yang saya beri nama Concept Entertainment dengan modal NOL Rupiah. Saya berhasil menyelenggarakan event regional Jawa Timur dengan Matahari Department Store sebagai klien pertama Saya. Selain itu, saya berhasil menjadi juara 2 Lomba Simulasi Bisnis Nasional yang diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia dan didukung Harvard University. Kemenangan ini mengantarkan saya melaju ke pertandingan internasional mewakili Indonesia dalam lomba yang berjudul "Hewlett Packard Global Business Challenge". Lomba Simulasi Bisnis ini merupakan lomba yang menarik, yaitu dimana peserta lomba bertindak selaku General Manager yang mengatur Jumlah Produksi, Pengembangan Kapasitas Pabrik, Penetapan Harga, Ekspor-Impor, Promosi dan Pengembangan R&D.
 
          Saat saya kuliah, saya bersyukur dapat mengenyam pendidikan entrepreneurship di Universitas Ciputra. Saya mendapatkan beasiswa dari Universitas Ciputra di Fakultas Ekonomi jurusan Tourism and Hotel Management. Di Universitas ini saya banyak belajar tentang entrepreneurship yang langsung saya terapkan pada beberapa usaha saya sehingga saya tidak hanya mengerti teori, namun saya langsung praktek.

 

          Saat wisuda, saya mendapat Cumlaude dan memenangkan penghargaan Community Impact dari antara semua wisudawan angkatan 2010.


          Di tahun 2008, saat berkuliah, saya telah menjadi Direktur Pemasaran Terasi Tuban Mama Tjin dan mampu meningkatkan penjualan hingga 400% dari total penjualan sebelumnya. Dan saya bisa mendapatkan saham perusahaan ini sebesar 50% tanpa modal uang.


          Tahun 2009, saya memulai usaha Shopping Online. Pada Mei 2009 saya membuka usaha CLE Production yang memproduksi Merchandise / Souvenir Promosi. Beberapa klien saya adalah Gereja, Apple, Honda Motor, Jawa Pos, dll. Bahkan telah menembus Malaysia (Rumah Sakit Cancer di Penang) dan Amerika (Gereja).

 

          Tahun 2010, pada bulan September saya mendapatkan gelar S1 saya. Pada bulan November 2010, saya resmi menjadi dosen di Universitas Ciputra yang mengajar entrepreneurship dan event. Tahun 2015 saya memutuskan resign dan fokus pada pelatihan bisnis untuk para TKI di luar negeri dan menjadi salah satu motivator Indonesia

 

          Oktober 2011, saya mengembangkan usaha dengan bendera CV. Tikosu Internasional. di perusahaan ini saya merangkap owner dan direktur utama. Produk terasi saya telah bisa didapatkan di Malaysia dan Hongkong.


          Pada 2012 ini saya aktif menjadi pembicara dan motivator entrepreneurship untuk membagikan kisah hidup saya guna menginspirasi banyak orang.


          Tahun 2014 saya membuka usaha Bakwan Indonesia bersama ayah saya, yang kini bisa dibeli di Pasar Atum Surabaya


          Tahun 2015 saya memulai mengadakan pelatihan kewirausahaan secara online dengan materi sebanyak 24 Topik yang diberi nama BUM CLASS, sebagai kependekan dari Berani Untuk Maju. Tahun 2015 akhir saya mendapatkan penghargaan Rekor MURI sebagai Motivator Termuda Yang Telah Berkarya di 4 Negara (Indonesia, Malaysia, Hongkong dan Australia)

 

           Tahun 2016, atas rekomendasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, BUM CLASS telah mendapatkan Rekor MURI sebagai Kelas Online Berbayar Pertama dengan Murid di 6 Negara.

 

            Tahun 2017, atas rekomendasi ASPIRASI (Asosiasi Penulis dan Inspirator Seluruh Indonesia), Ong Eric Yosua mendapat rekor MURI ke 3 yaitu Motivator Entrepreneurship Pertama di Indonesia


           Apa yang saya alami inilah yang kini menjadi sebuah semangat dalam diri saya untuk menginspirasi banyak orang, khususnya dalam hal menjual dan membuka usaha. Banyak yang mengatakan bahwa bisnis itu sulit dan perlu modal besar, semua itu benar namun kurang tepat, Saya memulai usaha Saya dari Nol. Dengan Modal sangat minim, yaitu Rp 100.000,-
 

"Banyak yang mengatakan bahwa bisnis itu sulit dan perlu modal besar, semua itu benar namun kurang tepat. Saya memulai usaha saya dari NOL. Dengan modal sangat minim, yaitu Rp 100.000,-" By Ong Eric Yosua

instagram-v051916_200
twitter_android
img_20171024_022558_930

Video Profile Ong Eric Yosua :